Tender Offer BidCo pada Saham LPPF di Harga Rp 1.530

Tender Offer BidCo pada Saham LPPF di Harga Rp 1.530

Selasa, 08 Jun 2021

Pengendali baru PT Matahari Departments Store Tbk (LPPF) yakni Auric Digital Retail Pte Ltd (BidCo) akan menggelar penawaran tender sukarela atau tender offer untuk membeli 1,05 M saham yang setara dengan 40% dari sejumlah saham LPPF. Tidak termasuk saham milik Greater Universal Limited dan OUE Investments Pte Ltd (saham VTO). Tender sukarela dilaksanakan pada harga Rp 1.530 per saham, dengan nilai total Rp 1,60 T.

Saham VTO terdiri dari seluruh seri saham dimiliki perusahaan sasaran, yaitu saham seri A, seri B, dan seri C. Menurut informasi yang disampaikan kepada PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), penawaran tender sukarela dilakukan pada harga Rp 1.530 per saham.

BidCo telah memiliki 500 saham LPPF. Auric Digital juga akan membeli 139,82 juta saham LPPF dari Greater Universal Limited dan 125,98 juta saham dari OUE Investments Pte Ltd yang mewakili masing-masing 5,32% dan 4,8% dari seluruh saham atau total 10,12% dari seluruh saham LPPF.

Setelah penawaran tender sukarela dan pembelian saham, BidCo akan memiliki maksimal 1,32 M saham atau 50,12% saham LPPF. Hal ini akan membuat Auric Digital menjadi pengendali baru di Matahari Department Store.

Berdasarkan prospektus tersebut, masa penawaran pembelian saham dilaksanakan mulai 4 Juni 2021 sampai 3 Juli 2021, dengan tanggal pembayaran 14 Juli 2021. Dalam aksi ini, perusahaan menunjuk PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Setelah proses tersebut, Auric Digital menyatakan akan menggarap pengelolaan Matahari Department Store secara aktif dalam jangka panjang dan pendekatan operasional yang fokus.

Pada prospektus sebelumnya, manajemen perseroan menyatakan bahwa Auric Digital secara khusus akan bekerja sama dengan manajemen Matahari Department Store guna memperbarui strategi dan memanfaatkan pengetahuan sektoral yang mendalam serta wawasan strategisnya.

Kedua emiten tersebut juga akan berkolaborasi dalam mengidentifikasi dan melakukan serangkaian prakarsa yang konkret, bernilai tambah terutama seputar merchandising, pengalaman pelanggan, serta kemampuan mono channel untuk mewujudkan potensi maksimal.

Adapun, struktur pemegang saham LPPF saat ini adalah PT Multipolar Tbk (MLPL) sebanyak 19,42%, UBS AG Singapore S/A Greater Universal Ltd (5,32%), UBS AG Singapore Non-Treaty (5,07%), SSB C21 S/A College Retirement Equities Fund (5,42%), UOB Kayhian Pte Ltd (6,02%), UOB Kay Hian Pte Ltd AJC Referral Client (0%), dan Philip Securities Pte Ltd (6,19%). Sedangkan masyarakat tercatat memiliki kiki yang mengendalikan hingga 52,55%.


Sumber: investor.id 

People’s Bank of China yang merupakan bank sentral China mem...

PT Astra Agro Lestari Tbk., Perusahaan perkebunan grup Astra...

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) untuk tahun buku 2020 akan ...

PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT) menjual keseluruhan sah...

PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan PT Bank Mandiri...

Send Message