Investasi Bisnis Nikel, HRUM Keluarkan Dana Sebesar 194 Juta USD

Investasi Bisnis Nikel, HRUM Keluarkan Dana Sebesar 194 Juta USD

Rabu, 09 Jun 2021

PT Harum Energy Tbk (HRUM) perusahaan pertambangan batu bara merambah sektor bisnis nikel sebagai upaya untuk mendiversifikasi portofolio bisnisnya.

Dirut Harum Energy, Ray A. Gunara mengatakan bahwa sepanjang tahun 2021 ini emiten telah mengeluarkan investasi tambahan sekitar 194 juta USD untuk ekspansi di bisnis nikel. Ray menambahkan angka tersebut terdiri dari 80 juta USD untuk akuisisi PT Position, 69 juta USD untuk PT Infei Meral Industry (IMI) di awal tahun 2021. Belakangan ini terdapat akuisisi tambahan saham di Nickel Mines Ltd sebesar 45 juta USD.

Dengan demikian, HRUM melakukan pembelian saham PT Position sebanyak 24.287 saham dari Aquila Nickel Pte Ltd atau setara dengan 51% harga jual beli 80 juta USD pada akhir Januari 2021. Pembelian saham tersebut dilakukan melalui entitas usaha perusahaan, PT Tanito Harum Nickel (THN). Sementara itu, PT Position memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk komoditas nikel di Weda Bay.

Lalu, pada Februari 2021 melalui THN, perusahaan juga membeli saham perusahaan smelter nikel PT IMI sebesar 259.603 saham atau setara 24,5% dengan harga jual beli di angka 68,6 juta USD.

Selanjutnya pada medio Mei 2021, emiten kembali membeli saham Nickel Mines Ltd sebanyak 51,25 juta saham senilai 54 juta USD. Dengan demikian, emiten memiliki 6,737% dari seluruh modal ditempatkan dalam Nickel Mines.

Ray menjelaskan bahwa total dana investasi nikel tersebut menggunakan kantor internal dan fasilitas pinjaman perbankan yang telah dimiliki perseroan. Hingga 31 Maret, HRUM telah menarik pinjaman sebesar 68 juta USD untuk membiayai investasi PT Position dan PT IMI.

Di sisi lain, Ray menjelaskan bahwa aksi-aksi korporasi tersebut sebagai upaya perseroan untuk mendiversifikasi portofolio bisnis dan mengurangi ketergantungannya terhadap bisnis batu bara. Emiten menargetkan kontribusi bisnis nikel nantinya dapat menyaingi bisnis batu bara yang sampai saat ini masih menjadi kontribusi terbesar terhadap keuangan perusahaan.

HRUM juga membuka peluang untuk menambahkan kepemilikan sahamnya di perusahaan nikel yang telah masuk ke dalam portofolio perseroan termasuk IMI dan Nickel Mines.


Sumber: marketbisnis.com

Di tahun 2021 ini, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) mena...

Dari laba bersih tahun 2020, PT Adaro Energy (ADRO) akan mem...

Sepanjang tahun 2020, emiten PT Bumi Resources Minerals Tbk ...

Pada bulan Oktober mendatang, PT Bumi Resources Minerals Tbk...

Pada awal tahun 2021 ini, tren investasi sedang digandrungi ...

Send Message