Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan hasil alamnya, maka dari itu disebutkan di sebuah lagu bahwa ‘tongkat, kayu, dan batu jadi tanaman’.

Di Indonesia, tongkat dijadikan perumpamaan dari tanaman singkong. Hasil kekayaan alam Indonesia ini diperdagangkan hingga ke seluruh dunia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Pada penjelasan kali ini, akan membahas beberapa komoditas unggulan Indonesia yang dapat memberikan kontribusi bagi pasar dunia.

Sebelumnya, apakah yang dimaksud dengan komoditas? Komoditas dapat diartikan sebagai bahan mentah untuk produksi yang diperjualbelikan dan dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu. Sehingga komoditas unggulan adalah barang dagang paling besar yang diperjualbelikan.

Berikut adalah beberapa komoditas unggulan di Indonesia:

  • Udang
Indonesia disebut sebagai negara maritim karena memiliki laut yang luas. Tidak heran jika di Indonesia, hasil laut seperti udang merupakan komoditas unggulan yang diekspor hampir ke seluruh negara Asia, Australia, Amerika, dan Eropa.
  • Kopi
Dengan iklim tropis di Indonesia, sangat cocok untuk budidaya kopi. Hal ini menjadikan Indonesia salah satu dari lima negara terbesar penghasil kopi di dunia. Indonesia memproduksi beberapa jenis kopi spesial yang sangat dicari dan yang paling menarik yaitu Kopi Luwak. Dipanen dari kotoran musang, biji kopi ini memiliki rasa yang khas dan unik. Adapun kopi lainnya yang diekspor ke seluruh dunia seperti kopi robusta dan arabika.
  • Minyak Kelapa Sawit
Minyak kelapa sawit menjadi komoditas unggulan penghasil devisa terbesar Indonesia dengan tujuan ekspor ke Singapura, China, Jerman, India, Spanyol, Amerika, Jerman, dan beberapa negara lainnya. Hal ini menjadikan Indonesia salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia.
  • Kakao
Kakao menjadi komoditas unggulan penghasil devisa ketiga terbesar di Indonesia. Kakao sendiri adalah buah dari pohon kakao yang merupakan bahan baku pembuatan coklat. Indonesia mengekspor kakao ke negara-negara seperti Amerika, Kanada, Jerman, Swiss, Rusia, Singapura, Jepang, dan China.
  • Karet
Di Indonesia, perkebunan karet sangat luas dan dapat menghasilkan karet alami dalam jumlah besar. Hal ini menjadikan karet alam sebagai komoditas unggulan penghasil devisa kedua terbesar setelah minyak kelapa sawit.
  • TPT
TPT dikenal sebagai industri tekstil di mana produk tekstil ini menjadi salah satu komoditas unggulan Indonesia. Negara yang menjadi tujuan utama eskpor TPT dari Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Turki, Jerman, dan China.
  • Alas Kaki
Alas kaki buatan Indonesia ini diekspor ke banyak negara seperti Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Jerman, Inggris, dan Prancis. Jadi jangan heran jika mengunjungi beberapa negara ini dan menemukan banyak sepatu berlabel ‘Made in Indonesia’ di setiap pusat perbelanjaan.
  • Elektronika
Elektronika juga menjadi salah satu komoditas unggulan Indonesia yang diekspor ke beberapa negara seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat, Singapura, Kanada, Australia, dan Belgia.
  • Otomotif
Di Indonesia, ada berbagai pabrik otomotif seperti Nissan, Suzuki, Mercedes Benz, Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu, dan BMW. Sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil otomotif terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand.
  • Furniture
Dikenal memiliki alam dengan hutan yang sangat luas, tidak heran jika Indonesia menghasilkan ragam kayu terbaik. Olahan kayu seperti furniture ini, juga menjadi salah satu komoditas unggul yang sangat besar dari Indonesia. Furnitur ini diekspor ke berbagai negara seperti Swiss, Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, China, Belgia, Spanyol, Inggrisa, dan Jerman.

Maka dari itu, sebagai warga Indonesia patut berbangga karena negeri ini memiliki keindahan alam dan kekayaan alam yang berlimpah. Kita wajib melestarikan sumber daya alam Indonesia agar tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.


Sumber: www.kompas.com

Apa hal pertama yang Anda pikirkan ketika mendengar istilah ...

Tahun ini, ekonomi global diprediksi mulai membaik namun mas...

Menteri Energi dan Infrastruktur Suhail Al-Mazrouei menyampa...

Pada awal tahun 2021 ini, tren investasi sedang digandrungi ...

Sesuatu yang bisa dilakukan untuk membuat kondisi keuangan s...

Send Message