Korporasi Akan Buyback Saham, Investor Perlu Perhatikan Hal Ini

Korporasi Akan Buyback Saham, Investor Perlu Perhatikan Hal Ini

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang akan melakukan buyback saham. Tindakan tersebut diharapkan dapat menjaga stabilitas saham di market.

Menurut Analis Philip Sekuritas Helen, pelaku pasar dapat mempertimbangkan rencana buyback sebagai salah satu katalis umum. Namun, investor tetap harus memperhatikan kinerja fundamental dan juga likuiditas saham apakah aktif diperdagangkan.

Hal itu perlu diperhatikan karena menurt Helen, perusahaan tidak akan langsung merealisasikan sekaligus dalam satu waktu melainkan bertahap dalam satu jangka periode yang variatif antara satu korporasi dengan korporasi lainnya. Kemudian perlu diperhatikan juga berapa dana yang diwujudkan dari yang telah diumumkan.

Helen menilai, dengan adanya rencana aksi buyback tersebut dampaknya akan menjaga stabilitas harga saham di pasar. Tetapi, ini baru bisa efektif menaikkan harga apabila diikuti oleh market. Saat emiten melakukan buyback, para investor baik institusi maupun individu juga membeli saham.

Perlu diketahui, beberapa perusahaan yang berencana untuk buyback saham yaitu, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dengan alokasi dana maksimal Rp 530 M. Selanjutnya ada PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) dengan total nilai saham buyback maksimal Rp 480 M.

Lalu, ada PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang menyiapkan dana buyback sebesar Rp 350 M, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) sebesar Rp 150 M. Lalu, PT Jaya Real Property Tbk (JRPT) dengan total anggaran yang disiapkan sebanyak Rp 75 M dengan jumlah buyback saham sebanyak 135,5 juta saham dari modal ditempatkan dan disetor.


Sumber: industri.kontan.co.id

PT Smartfren Telecom Tbk siap mengadakan penawaran umum terb...

PT Merdeka Cooper Gold Tbk berencana melakukan buyback saham...

Keuntungan Investasi Saham :Punya bisnis tanpa susah-susah m...

Tahun ini, ekonomi global diprediksi mulai membaik namun mas...

Pemerintah akan kembali mengadakan lelang Surat Berharga Sya...

Send Message