PT PP Tbk sudah melakukan penandatanganan Akta Jual Beli Saham atau biasa disebut Sales Purchase Agreement atas kepemilikan saham di PT Jasamarga Kualanamu Tol. Acara penandatanganan ini dilakukan di kantor Kementerian BUMN, Jakarta pada hari Kamis (22/04).

Yul Ari Pramuraharjo selaku Direktur Strategi Korporasi dan HCM PT PP yang mewakili PT PP dalam penandatanganan SPA tersebut. Acara penandatanganan ini dihadiri oleh Kartiko Wirjoatmodjo selaku Wamen II Kementerian BUMN, Hendrika Nora Sinaga selaku Asdep Bidang Jasa Konstruksi dan Perumahan Kementerian BUM, CEO Road King Expressway Fung Tat Sun Patrick, dan Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP.

Dalam penandatanganan tersebut, PT PP sepakat untuk memberikan kepemilikan saham sebesar 15% di PT Jasamarga Kualanamu Tol kepada investor asing asal Hong Kong, Kings Ring Limited.

Nilai transaksi penjualan jalan ton ini diperkirakan mencapai sekitar Rp 412 miliar. Kings Ring Limited merupakan salah satu investor dan operator jalan tol yang berpengalaman lebih dari 25 tahun di kawasan Asia Timur dan juga merupakan bagian dari Group Road King Expressway Intenational Holding Limited.

Salah satu Proyek Strategis Nasional yang berada di Sumatera Utara dan sudah beroperasi sejak 2016 lalu adalah Jalan Tol MKTT ini. PT Jasamarga Kualanamu Tol merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengusahaan jalan tol untuk ruas Medang-Kualanamu-Tebing Tinggi yang dibangun sejak 2014 lalu dengan panjang tol 61,7 kilometer.

Jalan Tol MKTT juga menghubungkan Kota Medan dan sekitarnya ke Bandara Kualanamu yang berada di Kota Tebing Tinggi dan Kabupaten Deli Serdang.

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari kehadiran tol ini di mana perjalanan dari Kota Medan ke Kota Tebing Tinggi bisa ditempuh satu jam lebih cepat, sehingga jalan tol ini bisa meningkatkan konektivitas dan menghemat biaya logistik untuk jasa dan barang.

Novel juga menjelaskan bahwa aksi korporasi ini merupakan salah satu momentum penting bagi PT PP, di mana ia sangat menyambut baik terjalinnya kesepakatan ini. Dengan diadakannya penandatanganan SPA ini, tentu bisa meningkatkan kepercayaan para investor baik lokal maupun asing terhadap PT PP.

Novel juga menambahkan bahwa JMKT merupakan salah satu portofolio investasi terbaik yang dimiliki oleh PT PP di mana perusahaan ini sudah menunjukan kinerja yang baik. Rata-rata laju harian di tol ini sudah melampaui target yang tertera sebelumnya pada rencana bisnis. MKTT juga merupakan jalur alternatif kendaraan yang akan menuju ke arah Timur dari Kota Medan menuju Kota Tebing Tinggi, di mana panjang tol ini juga akan terkoneksi dengan ruas jalan tol Belawan-Medan Tanjung Morawa.

Novel melanjutkan bahwa dana segar hasil penjualan Jalan Tol MKTT tersebut akan digunakan untuk tambahan modal kerja perusahaan dan pengembangan proyek investasi infrastruktur lainnya. Ia juga percaya aksi korporasi ini akan memberikan benefit yang baik bagi Kings Ring Limited maupun MKTT.


Sumber: investasi.kontan.co.id

Permasalahan unrealized loss membuat BPJS Ketenagakerjaan me...

Pada Selasa, 6 April 2021, PT Multipolar Tbk (MLPL) menjual ...

Anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero), PT Waskita Toll ...

Selasa kemarin (13/4), Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menca...

Update IHSG 4 Mei 2021 ditutup menguat 0,19% di level 5963.A...

Send Message